Berita: Ritual Budaya Siraman Sedudo

Berita ini dikutip dari soloraya.com, tentang pelaksanaan Ritual Budaya Siraman Sedudo



Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Nganjuk Jawa Timur, menggelar prosesi budaya berupa siraman di objek wisata air terjun Sedudo. Prosesi siraman diawali dengan tabur bunga di tengah-tengah objek wisata air terjun sedudo, yang dilakukan Bupati Taufiqurrahman agar air tambah berkah.
Air terjun Sedudo yang mempunyai ketinggian 1438 dari permukaan laut dengan ketinggian air 105 meter menjadi objek wisata paling ternama di daerah setempat dan mempunyai daya tarik sendiri bagi para wisatawan.
Ritual siraman Sedudo kali ini berlangsung meriah dan sakral tidak hanya dihadiri pejabat pemerintah daerah tetapi juga duta wisata Jawa Timur, kemasan tari Bedhayan Amek Tirta semakin menambah kesakralan prosesi ini, tari itu sendiri merupakan penggambaran rasa wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang dibawakan oleh lima penari cantik.
Sedangkan di belakangnya siap sepuluh gadis berambut panjang, siap dengan klentingnya dan lima perjaka yang siap mengambil air (amek tirta-red) dari Gerojogan Sedudo, sebelum pertunjukan tari dimulai, seorang penunjuk jalan (cucuk lampah-red) telah memandu jalan menuju air terjun Sedudo, di belakang berderet lima sesepuh membawa dupa dan sesaji disusul para putri domas, lima penari Bedhayan, dan paling belakang terdiri dari 10 gadis berambut panjang dan 5 perjaka tampan.
Sejumlah remaja putri membawa kendi yang berisi air yang diambil dari air pancuran terjun sedudo saat prosesi Siraman Sedudo di Desa Ngliman, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Selasa (4/11). Ritual siraman di air terjun Sedudo tersebut dilaksanakan setahun sekali menjelang purnama bulan Suro (penanggalan Jawa) sebagai simbol pembersihan diri. ANTARA FOTO/Rudi Mulya/Rei/mes/14.

Yang menambah suasana menjadi sakral adalah aroma harum yang keluar dari kepulan asap dupa yang menandai prosesi siraman. Mandi di air terjun sedudo menurut Bupati Taufiqurrahman dipercaya bisa awet muda yang disampaikan dalam bahasa jawa kepada Radio Republik Indonesia.
Para pengunjung yang berebut untuk mandi percaya bahwa air dari Air terjun Sedudo memiliki berbagai khasiat magis membuat awet muda. Kepercayaan mengenai khasiat air Sedudo tidak lepas dari sejarah/mitos terjadinya Sedudo. Ada beberapa versi mengenai mitos tersebut.
Versi pertama Terjadinya Air Terjun Sedudo berkaitan dengan mitos Sanak Pogalan. Sanak Pogalan adalah petani tebu yang harus menelan kecewa dari penguasa. Dia pun bertapa disekitar sumber Air Terjun Sedudo lereng Gunung Wilis dan berupaya membuat sumber air yang besar untuk menenggelamkan Nganjuk.
Versi kedua Di era Kadari, seorang Rsi bernama Curigonoto bermaksud menjadikan kawasan Sedudo sebagai hutan rempah. Kemudian ia pun memohon pada penguasa Kadiri untuk mengirimkan benih rempah kepadanya. Permohonannya pun dikabulkan, namun saat dikirimkan secara tiba-tiba bibit tersebut tumpah disekitar sumber Air Terjun Sedudo. Kemudian tanaman rempah pun tumbuh subur di sekitar sumber. Karena mitos-mitos itulah banyak pengunjung yang meyakini khasiat dari Air Terjun Sedudo.
Sejumlah remaja putra membawa kendi yang berisi air yang diambil dari air pancuran terjun sedudo saat prosesi Siraman Sedudo di Desa Ngliman, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Selasa (4/11). ANTARA FOTO/Rudi Mulya/Rei/mes/14.

“Prosesi siraman yang dilakukan setiap tahun supaya bisa menjadi obyek wisata dan semua yang ada di sini ingin meminta berkah, tujuan yang di inginkan jika mandi di air terjun sedudo ini bisa bersikap baik dan kesehatan dan awet muda,” ujarnya, Selasa (3/11/2014).
Menurut sejarahnya, upacara siraman sedudo ini tidak ada, kendati pun kepercayaan masyarakat tentang mandi air di Sedudo ini sudah turun-temurun, sejak nenek moyang kita, baru sekitar tahun 1987, prosesi siraman sedudo dikemas sebagai kalender budaya dan berlangsung hingga sekarang.
Bupati Taufiqurrahman berharap obyek wisata Air Terjun Sedudo bisa menarik pengunjung dan meningkatkan pendapatan asli daerah, sehingga Nganjuk akan mampu menjadi salah satu daerah tujuan wisata di Jawa Timur hingga manca Negara. (RRI)

Comments

  1. Ritual budaya siraman sedudo merupakan satu dari banyaknya ritual unik di Indonesia yang wajib dilestarikan.. terima kasih atas infomasinya

    ReplyDelete

Post a Comment