Ki Ageng Ngaliman menurut Warga Ngliman

Di tulisan sebelumnya, silakan cek di sini, 3 versi mengenai siapa sebenarnya Ki Ageng Ngaliman telah dibahas. Kali ini, akan kami sajikan versi lain yang entah benar atau salah tapi diyakini kebenarannya oleh warga ngliman. Siapa Ki Ageng Ngaliman menurut warga Desa Ngliman? Tulisan ini dituturkan oleh pemuda asli Desa Ngliman.

Semua berawal dan akan berakhir. Begitu juga dengan Desa Ngliman. Awalan yang tidak kami ketahui secara pasti. Sumber kami hanyalah cerita turun temurun tentang sebuah makam yang dikeramatkan. Orang bilang, Makam itu ialah makam Ki Ageng Ngaliman. Dari namanya, kami meyakini beliau adalah seorang yang mulia dan dimuliakan. Ngaliman bisa jadi berasal dari kata alim yang artinya orang yang saleh, berilmu. Maka, beliau berilmu, baik ilmu agama maupun ilmu kanuragan. Seorang yang memiliki ilmu kanuragan ataupun kesaktian diidentikkan dengan pusaka. Maka, Gedong Pusaka menjadi bukti nyata, tempat menyimpan Pusaka yang diyakini milik Ki Ageng Ngaliman. Karena kesaktiannya pula, beliau memiliki banyak murid yang kata orang dilatih di Padepokan bernama Sedepok. Tidak heran, setiap waktu tertentu banyak orang berdatangan mengunjungi Sedepok. Seperti layaknya kisah orang sakti yang kita ketahui, mereka sering bertapa. Dan Air Terjun Sedudo diyakini sebagai tempat pertapaan Ki Ageng Ngaliman. Mereka yang meyakini hal itu, berbondong-bondong datang ke Sedudo di malam satu suro. . . . Yah, Akhirnya, Bagi kami beliau adalah leluhur telah menyebarkan ilmunya, ilmu agama maupun ilmu budaya. Dan kami, keturunannya. . . . .

Siapa Ki Ageng Ngaliman menurutmu? tulis di kolom komen ya . . ..

Makam Ki Ageng Ngaliman

Gedong Pusaka

Sedepok

Air Terjun Sedudo


Comments

  1. Maaf coba di lihat dari pakem nya Beliau , atau keturunan dri Beliau bisa di lihat dari pakem.ny.

    ReplyDelete
  2. Terkadang sejarah ditelan bulat² tanpa mau memahami silsilah, ada yang bilang dari Surakarta dan ada juga Majapahit
    Semua masih misteri yang mengedepankan ego hingga tak kunjung menemukan sejarah yang mendekati

    ReplyDelete
  3. Yg ingin mengetahui silsilah Eyang Ngliman bisa hubungi keluarga kami. Karena Beliau masuk dalam silsilah keturunan pendahulu keluarga kami. Thanks. Salam dari Keluarga Besar Kediri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada nomor yang bisa di hubungi? Atau alamat lengkap?

      Delete
  4. mbah buyut ngaliman hayyan s ,almarhum mbah sya pernah brcerita, mbah sya lahir di nganjuk ,pindah ke jember pada era jepang menjajah,mbah ngaliman hayyan s beliau menurut mbah sya adalah leluhur saya , hanya saja mbah saya bercerita tidak komplit ,cuma bilang klo mbah ngaliman sawahan itu mbah buyutmu.

    ReplyDelete
  5. Saya juga begitu.. dalam silsilah keluarga yg tercatat ke atas memang mbah buyut kami Ki ageng Ngliman nganjuk.. skr kami tinggal di malamg.. mungkin kita yg merasa keturunan ki ageng ngliman memang kita bersaudara. Salam kenal san bersaudara semua.

    ReplyDelete
  6. Dwi saswito jenengan putrane sinten njih , Kulo saking putra wayahe Mbah tanem , Mbah Ranu Prawiro dan Mbah Wagiyo Sucipta juet balung jeruk
    Wa 085381114379

    ReplyDelete
  7. Harus tahu sejarah ngumpulne balung pisah
    Wa Kulo 085381114379

    ReplyDelete
  8. Sebagai orang ngliman saya hanya diam dan membaca saja.. sejarah yg real tak akan terungkap di publik.

    ReplyDelete

Post a Comment