Kuliner Nganjuk

nasi becek



Nganjuk mempunyai beragam jenis kudapan yang menggiurkan hasrat dan tentunya lagi – lagi harga nya sangat murah dibandingkan dengan kota – kota yang ada disekitaran Nganjuk. Sebagai contoh kita masih bisa menemukan jajanan yang harganya 500 perak disini, di kediri aja misal kita kencing di toilet umum aja bayar nya 2.000 perak.


1. Sego Pecel Tumpang
Makanan ini sudah jamak kita temui di kota - kota lain juga yang membedakan yaitu rasa khas sambal pecel nya yang menjadi pembeda yaitu penambahan daun jeruk purut yang menambah aroma segar sambal nya dan menambah citra rasanya yang unik serta guyuran sambal tumpang. Kenapa kok dinamakan sambal tumpang karena sambal ini menumpang diatas nasi pecel mungkin seperti itulah ceritanya, sambal ini terbuat dari tempe bosok (tempe berjamur) dimasak dengan daun salam kencur dan bumbu lengkap istilah orang jawa rasanya jangan dipandang sebelah mata sungguh nikmat sekali teman. Harganya kalau dikota berkisar 5.000 an kalau di desa berkisar 3.000 an.

2. Krupuk Sambel
Makanan satu ini yang seharusnya menjadi ikon makanan di Nganjuk bukannya nasi becek yang notabene sama saja dengan sate gulai yang jamak kita temui di berbagai tempat dan tidak ada wah atau unik di nasi becek ini. Krupuk sambal ini tidak seperti namanya bukan hanya krupuk dan sambal tetapi krupuk goreng pasir lengkap dengan berbagai sayuran disiram dengan sambal pecel yang khas dari nganjuk serta dilengkapi dengan gorengan. Harganya berkisar 4000 an dengan 1 gorengan.

3. Sego Jagung
Sego jagung terbuat dari jagung yang yang digiling halus tapi biasanya ada yang kasar juga seperti didaerah malah, setelah digiling kemudian ditanak terus dihidangkan bersanding dengan urap daun kates yang pedas dan lauk peyek ikan asin. Harganya berkisar 3000 an per porsinya.

Untuk makanan dan tempat makan yang asyik akan kami ulas ditulisan selanjutnya ya teman. (.pey)



Comments

Popular posts from this blog

Pesona Gunung Wilis dan Jalur Pendakiannya

Menguak Sejarah Makam Desa Ngliman

Situs Condrogeni: Sering Lewat, Tak Pernah Melihat

Ki Ageng Ngaliman menurut Warga Ngliman