Posts

Showing posts matching the search for foto air terjun

Air Terjun "Perawan"

Image
Pernah tahu Air Terjun Sedudo? Sebagian besar dari anda bahkan pernah mengunjunginya. Kalo Air Terjun Singokromo? seharusnya anda tahu, di pos sebelumnya sudah kami bahas. Hehehe. Nah, ternyata tidak hanya ada dua air terjun saja di Desa Ngliman. Ada berapa? Banyak. Orang bilang ada sepuluh. Ada yang bilang sebelas. Nah lho . . . . saya yang asli sana juga tidak tahu pasti. Beberapa air terjun itu mungkin hanya bisa kamu lihat dari kejauhan. Akses menuju ke sana belum ada. Itulah mengapa air terjun itu masih perawan. Apa saja air terjun lainnya itu?
1. Air Terjun Segunting
2. Air Terjun Banyuselawe
3. Air Terjun Banyuiber
4. Air Terjun Cagak
5. Air Terjun Selanjur
6. Air Terjun Jeruk
7. Air Terjun Banyupait
8. Air Terjun Cemoro Kandang.

Dua ditambah delapan sama dengan sepuluh. Air terjun yang kesebelas adalah. . .  . Saya juga tidak tahu . . . anda tahu?
Ketika anda sedang di daerah Ngliman, dari jauh dapat anda liha, sebuah air terjun yang sangat tinggi, bahkan tingginya bisa ja…

Air Terjun Singokromo dan Legendanya

Image
Air Terjun Singokromo adalah satu dari sepuluh/sebelas air terjun yang ada di Desa Ngliman. Huwaaaa. . . . banyaknya. . . . Ini merupakan ulasan yang dibuat oleh http://wisatakotaangin.esy.es. Silakan mengunjungi web tersebut untuk mendapatkan banyak informasi tentang wisata di kota Nganjuk.

Berita: Ritual Budaya Siraman Sedudo

Image
Berita ini dikutip dari soloraya.com, tentang pelaksanaan Ritual Budaya Siraman Sedudo

Mitos Awet Muda dan Ritual Mandi Massal di Air Terjun Sedudo

Image
Ratusan warga dari berbagai daerah melakukan aksi mandi massal dari Senin tengah malam hingga Selasa dini hari di Air Terjun Sedudo, Nganjuk, Jawa Timur. Mereka rela menggigil kedinginan lantaran meyakini ritual itu bisa membuat awet muda. Bahkan seorang anak yang ikut ritual itu sempat pingsan akibat tak kuat menahan dingin.
Informasi yang dihimpun Liputan 6 SCTV, Selasa (5/11/2013), ratusan warga itu mulai berdatangan dari berbagai daerah di Jawa Timur menuju Air Terjun Sedudo di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur menjelang malam.
Mereka sengaja datang untuk menunggu pergantian Tahun Baru Jawa, di sekitar Air Terjun Sedudo. Tepat pukul 00.00 dini hari, ratusan warga menuju bawah air terjun untuk melakukan tradisi mandi secara massal tepat di bawah air terjun.
Kendati demikian, aktivitas mandi di bawah Air Terjun Sedudo ini terus berlangsung lancar hingga pukul 03.00 WIB.
Dalam ritual itu, warga juga menyempatkan diri untuk mengambil air dari Air Terjun Se…

7 Tempat Wisata yang Sedang Hits di Nganjuk

Image
Nganjuk merupakan kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Terkenal dengan julukan kota angin, tempat ini sangat potensial untuk dijadikan tempat bercocok tanam. Kota angina ini cukup menyimpan wisata yang bakal memanjakan matamu dikala weekend atau bahkan hari libur lainnya. Intip yuk, beberapa contoh wisata yang bisa di jadiin tempat berlibur di bawah ini :


1. Indahnya Air Terjun Singokromo
Memiliki ketinggian kurang lebih 20 meter dengan suasana yang cukup sejuk dan tentunya bisa dijadikan tempat liburang yang menyenangkan. Air Terjun Singokromo berada di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan. Air terjun yang satu ini termasuk yang belum dikelola oleh pemerintah untuk tempat wisata. Alsan ini membuat jalan menuju lokasi menjadi agak sulit. Untuk mencapai lokasi air terjun ini para traveler hanya bisa menggunakan kendaraan roda dua. Setelah itu harus jalan kaki sekitar 500 meter atau ditempuh dalam waktu 15 menit. 2. Tak Puas di Air Terjun Singokromo, Belok Aja Ke Sendang Putri Wilis
H…

Legenda Air Terjun Sedudo

Image
Ketika mencari tahu tentang asal muasal suatu tempat, apalagi yang mengandung bau mistis, yang biasa kita temukan adalah legendanya. Entah mengandung kebenaran atau hanya rekaan, legenda selalu penuh dengan pertanyaan. Legenda mana yang berdasar fakta? Legenda mana yang hanya cerita. Benarkah demikian? Sudahlah, dengan segala kurang-lebihnya, legenda telah menambah daya tarik suatu tempat. Menarik untuk dikunjungi, menarik untuk menjadi background foto selfie. Berikut ini sebuah legenda tentang asal muasal Air Terjun Sedudo. Silakan dibaca, dan dibayangkan. . . jangan lupa, datang ya .. .ke Air Terjun Sedudo. . . .

Sedudo Masuk Detikdotcom

Image
Berikut kami salinkan tulisannya. Tulisan ini merupakan tulisan dari Enggran Eko Budianto, yang dimuat di detikTravel di Link berikut ini. Silakan mengunjungi link tersebut untuk sumber asli tulisannya.


Nganjuk - Akhir pekan telah tiba, saatnya melepaskan penat dari rutinitas pekerjaan. Di Nganjuk, Jawa Timur terdapat air terjun Sedudo yang menyegarkan. Yuk ke sini!

Air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 105 meter ini, terletak di Desa Ngliman Kecamatan Sawahan tepatnya terletak di Gunung Wilis pada ketinggian 1.438 meter di atas permukaan laut (MDPL). Lokasi ini sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Nganjuk. Para wisatawan dijamin tidak akan tersesat, karena masih banyak dijumpai angkutan yang bisa diakses secara mudah.

Kawasan wisata Air Terjun Sedudo ini menyuguhkan berbagai keindahan alam. Keelokan air terjun dengan debit air yang cukup deras menghasilkan suara dentuman yang indah, air yang mengalir pun terbilang jernih. Di sini, para pengunjung bisa dengan puas bermain, man…

Ikon Baru Air Terjun Sedudo

Image
Jika kamu perhatikan, sekarang ini sedang marak yang namanya ikon berupa tulisan. ituh, yang kayak Hollywood. Dimana-mana, berlomba-lomba. Mulai dari taman (misalnya taman bungkul), pantai (kayak di Pantai Losari),stadiun (ada di Emirates Stadium), di air terjun juga ada. Gak percaya? Mampir lah ke sini, Air Terjun Sedudo.

Kalo kamu merasa udah pernah ke Sedudo, tapi belum tau yang satu ini, segeralah ke sana. Sekarang di sana sudah terpampang dengan megahnya tulisan S.E.D.U.D.O. Tentunya, Tulisan itu menjadi daya tarik baru untuk ber-selfie ria. . .

Inilah 5 tips bagi kamu yang ingin ber-selfie ria di sana. . .
1. Datanglah di awal hari karena cahaya matahari di pagi hari adalah cahaya yang baik untuk fotografi.
2.Kalau kamu bangun kesiangan dan tetap ingin ber-selfie di sana, datang lah di sore hari karena cahaya matahari di sore hari juga cahaya yang baik untuk fotografi.
3. Kalau kamu datang sendiri, beranikan dirimu untuk meminta tolong kepada siapa saja yang lewat. Ingat, siap…

Cemoro Kandang, New Zealandnya Ngliman

Image
Siapa bilang padang rumput luas dengan background padang gembalaan hanya dapat dinikmati saat kita berkunjung ke new zealand, well gak perlu jauh – jauh, ternyata di desa ngliman yaitu kurang lebih 3km sebelum menuju air terjun sedudo terdapat spot menarik berupa hamparan hijau nan luas tepatnya di cemoro kandang. Tempat tersebut memiliki padang rumput yang luas dan terdapat pagar – pagar mirip pagar peternakan di new zealand yang dikelilingi hutan cemara yang masih asri, tidak hanya itu kita juga dapat memandang langit dengan jelas di daerah tersebut. Recomended banget lah buat foto foto, seolah olah anda akan berada di padang gembalaan yang luas di new zealand.
(Cemoro Kandang saat musim semi)
Sebenarnya tempat ini dimanfaatkan sebagai tempat parkiran saat pengunjung di sedudo sangat berlimpah, yaitu pada musim suro atau hari libur besar seperti hari raya, libur natal, tahun baru dsb. pengunjung yang tidak mendapat tempat parkir di atas (di dekat sedudo) akan di sediakan tempat par…

GoPincuk, Kaos Rasa Nganjuk

Image
Sebagai orang Nganjuk, barang kali kita sering bertanya-tanya, apa sih khasnya Nganjuk? sesuatu yang bisa dijadikan oleh-oleh atau buah tangan gitu lho. . . berikut beberapa alternatifnya . . .

1. Zaman sekarang, syarat wajibnya jalan-jalan adalah foto, makanya, kurang pas rasanya ke Nganjuk tanpa mampir berfoto di Air Terjun Sedudo atau objek wisata lainnya. Jangan lupa share di instagram atau medsos yang lainnya ya . .. . #Nganjuk. Lumayan buat gaya-gayaan, tapi bukan buah tangan.
2. Yang tak kalah wajib adalah wisata kuliner. Menikmati Nganjuk melalui makanannya. Ada Nasi Becek, Asem-Asem Nganjuk, Sego Pecel, atau jajanan seperti Sari Mawar dan Dumblek. Sayangnya, kuliner di Nganjuk lebih tepat untuk di santap di tempat, bukan dibawa-bawa.

Nah, ini ada yang bisa dibawa-bawa, bahkan dipakai-pakai, GoPincuk, Kaos Rasa Nganjuk. Bukan kuliner, tapi kaos kuliner.

GoPincuk merupakan pelopor propaganda busana, cinta Nganjuk. Melalui desainnya yang kreatif, GoPincuk mengajak kita semua un…

Gedong Pusaka: Museum Pusaka Ki Ageng Ngaliman

Image
Manusia kini begitu dimudahkan dengan berbagai teknologi. Sebut saja smartphone yang saat ini menjadi senjata utama kita. Begitu hebatnya smartphone sehingga nyaris semua masalah dapat kita pecahkan dengan aplikasi di dalamnya. Mau cari info, bikin video, ambil foto, bahkan mau jadi kaya (baca Let's Get Rich!) semua bisa dengan senjata bernama smartphone. Jauh sebelum smartphone ditemukan, manusia telah akrab dengan yang namanya senjata. Tidak canggih, tapi senjata itu justru sangat ampuh. Kita menyebutnya sebagai pusaka. Bentuknya bisa berupa jimat, keris, tombak, atau bentuk lainnya.

Sebagai orang yang memiliki kesaktian, Ki Ageng Ngaliman tentunya juga  "mengoleksi" berbagai macam pusaka. Pusaka tersebut menjadi penanda kesaktian juga keberadaan Ki Ageng Ngaliman. Pusaka tersebut ialah bukti fisik kehebatan Ki Ageng Ngaliman. Logikanya seperti ini, Pusaka-pusaka itu tentu dibuat oleh seseorang. Seseorang itu tentunya adalah seorang yang sakti mandraguna. Dan kita men…

Sebatas apa Ngliman itu?

Image
Sebagai sebuah wilayah, Ngliman di batasi oleh daerah-daerah lain. Itu penting mengingat wilayah administratif menentukan weweang dan tanggung jawab pengelolaannya.
Sebelah Utara, ngliman berbatasan dengan desa sawahan. Batasnya ada di Jembatan magangan


Sebelah Selatan berbatasan dengan Ponorogo Sebelah Timur berbatasan dengan Kediri. Saya menduga, perbatasannya terletak tidak jauh dari Air Terjun Singokromo. Kenapa? Karena di daerah tersebut hak pengelolaan hutannya pun dipegang oleh Kediri. itu saja yang saya tahu. Sebelah barat, seharusnya berbatasan dengan desa sawahan juga. tapi belum pernah tau seperti apa batasnya
Sumber foto:  Panoramio.com; http://www.roselaranawira.blogspot.com/