Nganjuk Tu Apanya Guyangan???

https://www.instagram.com/tutut.setyawan54


"Nganjuk itu mana?, sebelah mananya guyangan?". Pertanyaan ini kerap keluar dari kalangan orang lampau di daerah jawa timur mungkin di era jaman now sudah tidak ada pertanyaan seperti itu. hahahaha

                Nganjuk adalah sebuah kabupaten yang berada di dataran rendah yang berjarak sekitar 114 km dari Surabaya, berbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro di utara, Kabupaten Jombang di timur, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Ponorogo di selatan, serta Kabupaten Madiun di barat. Pada zaman Kerajaan Medang, Nganjuk dikenal dengan nama Anjuk Ladang yaitu Tanah kemenangan. Nganjuk juga dikenal dengan julukan Kota Angin.

            Ada beberapa alasan Nganjuk wajib disinggahi, banyak spot wisata alam yang memanjakan mata, jauh dari perkembangan zaman yang sangat beringas dan jajanan nya sangat ramah sekali dengan kantong kita. Sebagai perbandingan kalau kita jajan paket ayam nya pak tua 1 porsi berkisar 25 ribu belum ppn, dengan uang 25 ribu di Nganjuk kita bisa mendapatkan 2 porsi nasi pecel +  lauk ayam + 2 es teh manis. Kultur budaya jawa di Nganjuk tidak sekental dengan jogja ataupun solo tetapi secara humanis masyarakat Nganjuk masih memegang teguh warisan budaya leluhur, setiap walikan (tanam padi kedua) diadakan nyadran (sedekah bumi). Masih banyak lagi teman warisan leluhur lainya yang masih dilaksanakan di era yang serba modern sekarang.

            Sedudo spot wisata alam yang iconic di Nganjuk, letaknya yang berada di lereng gunung wilis di desa Ngliman yang asri dan sejuk membuat sebuah oase tersendiri di Nganjuk yang notabene berudara kering dan panas. Yang paling asyik di sedudo selain keelokan ponarama alamnya yaitu jajanan nya nasi jagung berlaukan balur (ikan asin) dengan sayur urap yang pedas, hmmmmm yummy banget deh pokoknya teman rasanya. Hehehe


            Prolog di tahun baru ini sekian dulu ya teman, selebihnya nanti saya akan mengupas lebih lanjut spot – spot wisata, tempat makan dan jajanan yang asyik di tulisan selanjutnya. Doakan di tahun 2018 ini kami bisa menulis dengan konsisten J. Salam hormat jabat erat dari kami ya teman, see you… (.pey)

Comments

  1. waaah mas peyek nulis disini juga ya :D

    ReplyDelete
  2. terus berkarya ya mas :)
    kanget banget nih nyampah sampai larut,
    kalau maen ke jakarta berkabar ya mas :*

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pesona Gunung Wilis dan Jalur Pendakiannya

Situs Condrogeni: Sering Lewat, Tak Pernah Melihat

Menguak Sejarah Makam Desa Ngliman

Taman Pandan Wilis, Wisata Asli Nganjuk